Bagi anda yang hobi dengan burung mungkin artikel ini bisa bermanfaat, karena isi dari artikel ini membahas tentang burung, yaitu cara memaster burung kenari.

Memaster burung kenari bisa diartikan sebagai proses melatih burung kenari agar bisa berkicau menirukan suara suara lain yang kita perdengarkan. Suara suara lain yang dimaksud adalah suara burung yang sejenis contohnya burung blackthroat. Didalam memaster burung sebenarnya ada hal utama yang mesti kita tahu, yaitu adalah saat umur berapa seharusnya waktu yang tepat burung itu dimaster.

Ketika burung masih muda atau ketika baru lahir merupakan waktu paling tepat untuk dilakukan pemasteran. Tahukah anda bahwa burung yang masih muda/baru lahir (berkelamin jantan) akan selalu mendengarkan kicauan dari induk jantannya dan juga kicauan dari burung lain disekitarnya, kemudian merekam kicauan tersebut kedalam memory ingatannya dan kemudian hari mereka akam melantunkannya. Untuk itu proses pemasteran yang paling baik dimulai dari dan ketika burung baru lahir.

Langkah langkah proses memaster burung kenari

Ketika kita sudah menemukan burung yang akan dimaster maka langkah selanjutnya adalah mencari tempat pemasteran, carilah tempat yang jauh dari lalu lalang seseorang serta jauh dari pemangsa seperti tikus dan juga cicak.

Langkah kedua, setelah burung dan tempat sudah dipersiapkan maka selanjutnya kita harus memilih jenis lagu/kicauan apa yang akan kita masteran. Setelah itu siapkan rekaman kicauan burung yang akan kita masterkan.

Selanjutnya dengarkan burung kenari tersebut dengan suara masteran yang sudah kita sediakan, dengarkan dengan suara yang pelan namun jelas. Dengarkan suara masteran sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari pagi, siang, sore dan malam hari, tiap memaster dengan durasi 15 menit. Jangan lupa juga untuk memberikan kerodong ketika proses pemasteran.

Pada bulan pertama dengarkanlah suara masteran 1 lagu saja, lihatlah hingga kenari tersebut sudah bisa menirukan suara masteran tersebut. Dan jika dirasa 1 lagu sudah berhasil dia hapalkan maka berikutnya kita dapat menambah variasi isian suara burung yang lain.

Langkah langkah pemasteran diatas tentu harus kita lakukan setiap hari secara rutin supaya burung kenari yang kita master semakin cepat bisa menirukan suara masternya sehingga harga jualnya bisa semakin mahal. Demikian sedikit penjelasan singkat mengenai cara memaster burung kenari, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Panduan memaster burung kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *