YogaYoga adalah bentuk seni yang sangat dihargai karena efek positifnya pada tubuh. Kesehatan fisik, mental, emosional, dan spiritual masing-masing ditingkatkan melalui latihan yoga dan metode holistik lainnya. Yoga adalah metode yang tenang dan santai untuk memperkuat tubuh dan membersihkannya dari racun, menjadikannya latihan yang ideal untuk pasien yang memiliki penyakit jangka panjang atau terminal. Kanker adalah penyakit yang berkembang pesat di dunia sekarang ini, tetapi sedikit yang mengetahui manfaat yoga bagi pasien kanker.

Penyakit itu sendiri bukan satu-satunya hal yang secara negatif mempengaruhi pasien kanker; mayoritas perawatan, seperti terapi radiasi atau kemoterapi, juga memiliki efek merugikan jangka panjang. Sementara gejala dan tanda-tanda penyakit bisa mengerikan dan melemahkan, perawatan bisa sama kerasnya pada tubuh. Penting bagi pasien ini untuk menemukan cara-cara untuk mengurangi rasa sakit mereka, tanpa pengobatan dan perawatan yang lebih berpotensi menyakitkan, karena hal-hal ini kadang-kadang bisa lebih berbahaya daripada membantu, ketika mempertimbangkan jangka panjang penyakit.

Metastasis, sel kanker ganas bukan satu-satunya racun yang beredar di tubuh pasien kanker. Sisa-sisa perawatan dapat tetap berada di tubuh untuk jangka waktu yang lama dan dapat menyebabkan penyakit nantinya. Yoga meningkatkan aliran darah tanpa meningkatkan tekanan darah, dan pose lembut akan membantu menyeimbangkan proses metabolisme dan meningkatkan aktivitas sistem limfatik, memulai penghapusan racun ini dari sistem. Gerakan lambat dan dalam, pernapasan terapeutik meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh, memungkinkan untuk penghapusan toksin lebih lanjut.

Tidak hanya ada manfaat fisik untuk mengajar yoga kepada pasien kanker, tetapi manfaat mental dan emosionalnya luar biasa. Yoga telah terbukti mengurangi kecemasan dan stres, meringankan migrain, dan mengurangi ketegangan di seluruh tubuh. Kecemasan dan ketegangan telah dikaitkan langsung dengan efek imunosupresan, dan dengan mengurangi perasaan-perasaan ini di dalam tubuh, pasien meningkatkan pertahanan alami tubuh mereka sendiri terhadap penyakit, termasuk kanker.

Pelajaran awal mungkin sulit untuk beberapa pasien kanker, terutama jika tubuh mereka telah sangat menderita penyakit, tetapi manfaat yoga layak awal yang kasar awal. Latihan pernapasan dalam (pranayama) juga merupakan aspek penting dari mengajar yoga kepada pasien kanker. Seiring berjalannya waktu, pasien akan menemukan bahwa latihan yoga rutin dan restoratif membantu mereka membersihkan tubuh mereka dan memberi mereka rasa nyaman dan mudah, menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran mereka.

 

Mengajar Yoga Untuk Penderita Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *