hiu paus terbesar di duniaHiu paus adalah spesies ikan terbesar di dunia dengan hiu paus dewasa bisa tumbuh hampir 50 kaki! Hiu paus diperkirakan telah berkembang sekitar 60 juta tahun yang lalu yang membuat hiu paus menjadi salah satu spesies tertua di Bumi saat ini.

Hiu paus menghabiskan hidupnya berenang melalui lautan terbuka untuk mencari ikan dan cumi. Tidak seperti banyak spesies hiu lainnya, hiu paus diketahui memakan ikan kecil berukuran besar daripada memburu ikan laut dan mamalia laut yang lebih besar. Hal ini membuat hiu paus menjadi pemakan binatang laut yang memiliki kemiripan dengan paus namun memakan hewan laut yang lebih kecil.

Hiu paus mendiami perairan tropis yang hangat di sekitar khatulistiwa dan meski sering ditemukan di dekat garis pantai, hiu paus juga diketahui menyelam sampai kedalaman 700 meter (yang tingginya lebih dari 2.000 kaki). Di bagian laut ini, makanan lebih langka dan hiu paus hanya akan berusaha mencapai kedalaman seperti itu jika berburu di perairan dangkal tidak mungkin dilakukan.

Hiu paus adalah contoh sempurna dari hiu ramah yang pernah ada dan sampai saat ini tidak menimbulkan ancaman yang signifikan bagi manusia (terutama penyelam). Hiu paus paling sering terlihat di sekitar Teluk Meksiko dan Kepulauan Indonesia dimana hiu paus diketahui sangat menyenangkan bagi manusia.

Hiu paus betina menginkubasi telur di dalamnya daripada di luar. Ini berarti hiu paus secara efektif melahirkan anaknya. Di dalam hiu paus betina ada ratusan telur tapi hanya sedikit yang benar-benar berubah menjadi hiu paus bayi. Telur yang tersisa diperkirakan berada di sana sehingga saat paus hiu menetas, mereka memiliki sesuatu untuk dimakan. Hiu paus betina melahirkan rata-rata 12 ekor anak hiu paus yang panjangnya sekitar 60 cm.

Hiu paus tumbuh dengan cepat selama beberapa tahun pertama mereka dan segera anak paus hiu paus menjadi sangat besar dan oleh karena itu cenderung tidak diburu oleh predator laut seperti spesies hiu dan paus pembunuh lainnya. Hiu paus cenderung hidup sekitar 60 sampai 80 tahun namun ada yang sudah dikenal berumur lebih dari 100 tahun.

Hiu Paus Terbesar Di Dunia, Ini Faktanya
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *