Cara Membuat Kue Apem Tradisional – Kue apem merupakan kue tradisiol yang berbahan sederhana dan mudah dibuatnya, kue yang identik digunakan untuk mengadakan hajatan orang meninggal ini rasanya cukup enak. Kenapa saya bilang kue ini identik untuk selamatan orang yang sudah meninggal ? Hal ini didasarkan pada tradisi dikampung saya, jika ada orang meninggal maka ada tahapan – tahapan untuk diadakan hajatan yang mengundang para tetangga. Kurang begitu jelas kenapa kue yang satu ini kok sering digunakan pada peringatan orang meninggal. Namun dikampung saya ini adalah kue wajibnya dan pasti dijadikan kue nomer satu.

kue apem

Tradisi mengadakan hajatan orang meninggal ada beberapa tahap
Peringatan 3 hari
Peringatan 7 hari
Peringatan 40 hari
Peringatan 100 hari
Khol 1
Khol 2
Terakhir adalah 1000 hari

Pada setiap peringatan itu kue yang dikampungku disebut kue apem ini pasti ada, entah memang cara membuatnya yang mudah, atau biayanya juga murah saya kurang paham maksudnya. Bagi saya itu semua tidak begitu penting, intinya selama kue itu enak rasanya dan pas dengan mulut ya dimakan saja.

Inilah cara membuat kue apem yang saya pelajari dari ibu saya !
Bahan yang perlu digunakan :

Tepung beras
Gula
Garam
Kelapa
Backing soda

Langkahnya : Pertama aduk tepung beras dengan air hingga agak sedikit encer, kemudian tambahkan gula sesuai selera lalu masukan kelapa parut sebagai penambah rasa gurihnya. Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna lang selanjutnya yaitu menambahkan sedikit backing soda. Tujuannya supaya adonan ini bisa mengembang dan biarkan selama kurang lebih 6 jam. Setelah adonan mengembang maka silahkan sediakan cetakan yang ditaruh diatas kompor dengan suhu panas yang tidak terlalu tinggi.

Nah cukup mudah bukan, cara membuat kue apem tradisional ini, apa anda mau mencobanya ? silahkan saja dan dijamin ketagihan jika dimakan saat masih hangat, apalagi ditemenin sama kopi makin T.O.P. Indonesia memang kaya akan khasanah budaya dan berbagai kuliner berkelas dunia,  banggalah kita dapat mengais rejeki di negeri indonesia ini. Tetap jaga kedamaian dan kekompakan untuk NKRI.

Cara Membuat Kue Apem Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *